Sejarah dan Manfaat GPS

Image result for gps   Tentu kita semua pernah dengar tentang GPS. GPS atau Global Positioning System adalah kumpulan beberapa satelit yang memberi informasi lengkap dan rinci terhadap posisi kita di muka bumi ini. Kita dapat mengetahui posisi kita di manapun di muka bumi ini dengan hanya menggunakan smartphone kita. Kita menganggap GPS itu sebagai hal biasa, namun ia memiliki sejarah, cara kerja, dan manfaat yang sangat unik dan menakjubkan. Untuk mengetahui  yang lebih rinci, silahkan lanjut membaca pos ini.





Bagaimanakah Sejarah GPS?

Image result for navstar gps   Sistem GPS pertama dibuat militer Amerika yaitu Navstar pada waktu 1960-an, puncak perang dingin. Tujuannya adalah keperluan militer sehingga hanya dapat dipakai oleh militer Amerika Serikat. Namun, itu berubah pada waktu Presiden Ronald Reagan. Pada masa beliau, terjadi peristiwa jatuhnya pesawat yang seharusnya dapat dicegah dengan bantuan teknologi GPS. Ronald Reagan menjawab kejadian tersebut dengan mempernolehkan pemakaian GPS untuk kepentingan sipil dengan suatu syarat. Syaratnya adalah GPS yang digunakan sipil diubah sedikit sehingga bersifat salah sekitar 100 m.

   Namun, Presiden Bill Clinton mengubah peraturan tersebut pada tahun 2000. Karena beliau, akhirnya semua orang di permukaan bumi ini dapat menggunakan GPS secara gratis. Ya, ngak gratis kali, biaya satelit dibayar warga negara Amerika Serikat dalam bentuk pajak.

Bagaimana Cara Kerja GPS?

Image result for theory of relativity
Teori Relativitas
   Satelit-satelit GPS melepaskan radiasi yang dapat dideteksi gadget seperti smartphone. Gadget tersebut kemudian dapat mengkalkulasi jarak antara satelit dan gadget tersebut melalui persamaan     x = V*t dimana x = jarak, V = kecepatan radiasi  kecepatan cahaya = 299.793.458 m/s. Dengan melakukan sedikit trigonometri, gadget dapat menentukan koordinat kita secara astronomis.

   Karena GPS bergerak lebih cepat dari gadget dan ditarik dengan gaya gravitasi yang lebih lemah (gaya gravitasi berbanding terbalik dengan jarak pangkat dua), ia memiliki waktu berbeda dengan waktu di permukaan bumi. Ilmu ini ditemukan Albert Einstein, yaitu Teori Relativitas dan menjelaskan bahwa waktu kita di bumi dengan waktu di satelit berbeda tipis < 1 mikrosekon (0.00001 s). Tanpa teori ini dari sang genius, Albert Einstein, tidak akan ada GPS yang sangat teliti dan rinci seperti sekarang.

Apakah Keuntungan GPS?

   Selain mengetahui letak kita dimana, GPS juga berfungsi untuk berbagai hal:

    Image result for gps
  • navigasi pesawat
  • bantu petani modern dalam pertanian
  • militer
  • memetakan hutan dan lautan, serta
  • keperlua drone

Nah, kita bisa lihat betapa pentingnya GPS. Kita harus bersyukur adanya sistem ini.
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah yang Dimaksud dengan Teknik Dirgantara?

Boeing, Industri Pesawat Amerika yang Mendunia